setelah habis empat sachet kopi nescafe classic

Kami terkadang bersua pada suatu kesempatan. Dia gak ngomong saya harus ini harus itu. Namun dari eksistensi dan kalimat yang keluar dari mulutnya, saya tetiba belajar. Saya mendadak mengalami eureka. Suatu penyadaran atas Allah yang sebenarnya sudah lama meng-kode saya. Sering dalam doa, saya menyebut, “Ya Allah, paringono ridhaMu supaya aku bisa menggapai semua mauku. Dan jadi apapun yang aku mau.”

Yang luput, saya hanya berdoa namun tidak berusaha. Kan gokil.

Kurang dari 24 jam percakapan saya dengan temen saya. Saya sadar bahwa semua resources untuk menjadi pribadi yang lebih baik sebenarnya sudah cemepak. Adalah saya yang kurang sadar, ditambah saya yang berlebih mengonsumsi glokusa sehingga membentuk diri menjadi pemalas. Gila sahaja. Saya dikelilingi oleh begitu banyak O2 namun memilih terlena dalam pengapnya ke-goblok-an hidup.

Temen saya ini sombong. Yang lucu, dia hanya sombong saat dia tak mampu menenangkan murkanya. Tapi tak apa. Toh, walau dia sombong, sombongnya beralasan. Bagi saya lebih baik sombong asal punya bahan yang disombongin. Temen saya ini agak aneh. Sikapnya taksa. Namun saya tetap respect. Karena dia pantas di respect. Lalu saya merasa ada bara yang berkobar di dada saya. Ini metaphor yang lebay, sih. Namun cukup worthly untuk mengapresiasi hidayah yang datang se-random ini.

Semakin ke sini, saya semakin sadar kalau saya, initially, adalah manusia yang kurang bersyukur. Saya melulu bermunajat begini begitu namun gerak aja raga tak mau. Lantas di sini lah saya, sendiri sambil bersyukur sadar. Melihat genangan kopi hitam sambil berusaha tetep waras. Saya tidak bisa memastikan akan sampai kapan ini bara berkobar. Namun melihat kesombongan teman saya dan teman-teman lain yang ndelalah ada, saya merasa sedang dituntun oleh Sang-Empunya-Hidup untuk sadar diri.

Tuhan mungkin bosen ngasih kode lalu membuka telinga saya untuk mendengar aliran argumen sarat kesombongan ini.

Dan iya Gusti, sekarang saya paham. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s